TIPS DAN TRIK ANAK KOST

Kebanyakan mahasiswa yang kuliah di Jogja adalah anak kost, mereka kebanyakan berasal dari luar daerah DIY. Mungkin aku ga bisa ngasih tips dan trik banyak, aku cuman pengen nyampein apa yang udah aku lakukan dan kebanyakan udah dilakukan temen-temen aku juga. Tips dan trik ini mungkin cuman dilakukan oleh temen-temen yang uang bulanannya pas-pasan aja kayak aku he..he.., tapi kalo buat temen-temen yang uang bulannya lebih dari cukup mungkin ga perlu praktekin tips dan trik ini kali ya..he..he..

Ya udah, langsung aja daripada dikira banyak basa-basi…(peace). Tips dan trik anak kost:

1. Cari kost-kost an yang murah dan kalo bisa deket ma kampus temen-temen, paling ga bisa di jangkau tanpa ngluarin biaya dalam perjalanan ke kampus. Dan kalo bisa sekalian uang kost dan uang listrik yang digabung jadi satu, jadi temen-temen ga usah repot mikir uang listrik bulanannya.

2. Atur jam makan sebaik-baiknya, kalo biasa makan 3 kali sehari, jam sarapan agak dimundurin 2-3 jam, contohnya kalo biasa sarapan jam 7 pagi, ya kalo bisa jadi jam 9 ato jam 10 pagi. Bukannya nyuruh nyiksa diri, tapi biar ga cepet-cepet pengen makan lagi. Tapi mungkin aku pikir kalo masalah makan bisa atur sendiri kali ya, soalnya tiap orang kan beda, takutnta ada yang punya penyakit mag gitu, he… (so, yang numb 2 ini bisa di skip aja)

3. Biasakan ngumpulin uang kembalian receh cepek or gopek dalam kaleng ato apa lah yang bisa di pake buat nyimpen duit. Hal ini dilakukan biar nanti pas saat akhir bulan, dan kebetulan duit bener-bener abis, kan lumayan tuh buat makan. Coba ja hitung, kalo sehari kita dapet kembalian recehan sebanyak Rp 1000 dari awal bulan kita ngumpulin, kalo di kira2 aja duit temen-temen abis tanggal 29, 1000x(29-1) kan dah Rp 28.000 ntuh bisa buat makan paling ga 2 hari. Ga usah malu jajan pake uang recehan, kalo malu mending ditukerin aja di toko ato warung gitu, pasti mereka mau kok nuker, soalnya kan mreka butuh duit recehan juga buat kembalian. (nb: kalo bisa jangan cuman ngumpulin recehan aja, kalo bisa nabung malah lebih OK ntuh he..)

4. Kalo maw ke warnet, usahakan kita punya planning dulu. Maksudnya, kita buatlah semacem catatan kecil gitu ato coretan di kertas buat nyatet apa yang musti di cari pas di warnet. Biasanya kan kalo ga da planning kayak gitu, kita sering bingung kalo dah sampe bilik warnet. Lupa maw ngapain aja, maw nyari apa aja, terlalu lama kita mikir di bilik warnet, semakin mahal juga kita bayarnya. Soalnya billingnya jalan terus kan? He..he.. kalo bisa cari warnet yang accesnya cepet, biar cepet juga nyari apa yang kita cari. Warnet di Jogja rata-rata 3000 per jam, oh ya, usahain juga ke warnet pas waktu happy hour, kan biasanya potongan sampe 50% ntuh, lagian kalo happy hour kan juga cepet accesnya. Soalnya kan happy hour biasanya antara jam 23.00- 07.00, so kan lagi sepi2nya ntuh pengunjungnya.

5. Buat yang ngrokok, biar irit ngrokoknya sering-sering pergi ke tempat-tempat ber AC, kan ga boleh ngrokok ntuh. Contohnya, ke perpustakaan kampus sambil baca-baca buku gitu, selain irit rokok kan juga malah dapet ilmu. Lagian aku denger-denger berita lum lama ini, MUI dah mengharamkan rokok. Bener ga seh? Wah bangkrut dunk perusahaan rokok di Kudus kalo rokok diharamkan?( aku ngrokok juga sebenernya, he..he..)

6. Buat yang punya hape, tapi kayaknya dah sebagian besar punya hape semua kali yak. Yap, gunain pulsa sebaek-baeknya, kalo ga penting-penting amat ga usah deh pake hape. Masak kost-kost an nya Cuma jarak 100 meter aja telpon-telponan,mending langsung samperin aja (contoh…he). Pake kartu yang operatornya banyak ngasih bonusan pulsa ato sms.

7. Biar ga ketinggalan informasi seputar daerah Jogja, paling ga di satu kost ada yang punya TV ato radio gitu. Kalo ga ada, ya gimana caranya patungan ma anak-anak laen buat beli radio minimalnya lah. Informasi ntuh penting banget lho, jangan sampe ketinggalan. Selain ngasih informasi, kan juga bisa buat hiburan ntuh, asyik juga kok ndengerin radio bareng-bareng or nonton TV bareng-bareng, kan bisa mempererat tali persaudaraan juga kalo gitu. Berasa bener-bener satu keluarga, he..he..

Ya mungkin itu dulu aja yang bisa aku sampein, ntar kalo aku dah punya tips dan trik lain aku tambahin dipostingan aku. Semoga aja bermanfaat buat temen-temen, harap maklum kalo banyak yang salah dalam postingan aku ini… salam (arie /black)

0 comment:

Post a Comment